.

.

Languages :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 18 September 2014

JAMKESDA UNTUK LANSIA


Kepala UPTD Jamkesda Samarinda dr Syarifah Rahimah menyerahkan kartu peserta secara simbolis kepada kepala UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Aji Anwar disaksikan Kadis Sosial Kaltim Siti Rusmalia

 
SAMARINDA—Luar biasa, Pemkot Samarinda melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Samarinda juga memberikan jaminan kesehatan gratis bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) meliputi gelandangan pengemis (Gepeng) dan penghuni panti sosial di kota Samarinda. Begitu pun panti sosial yang dibawah Dinas Sosial Propinsi Kaltim, tetap dicover Jamkesda Samarinda.

“Awalnya mereka ditanggung Jamkesmas dan Jamkesprop. Namun, Jamkesmas sudah tidak ada lagi, sehingga surat dari pusat dan juga Dinas Kesehatan propinsi, agar mereka dijamin Jamkesda. Atas dasar itulah dan Pak Wali Kota (Syaharie Jaang) juga langsung menerima, melihat latar belakang Pak Jaang yang memang orang susah, sehingga kepeduliaan luar biasa. Karena doa orang yang kesusahan inilah yang menyelamatkan kota kita,” ucap kepala UPTD Jamkesda Samarinda dr Syarifah Rahimah seusai menyerahkan kartu peserta Jamkesda Samarinda secara simbolis saat Apel Pagi Dinsos Kaltim, Senin (7/4).

 
Jadi, lanjut Rahimah, khusus penghuni panti sosial jika ada sakit, bisa langsung dibawa ke RS A Wahab atau RS IA Moeis maupun RS Tentara. “Tidak perlu ke puskesmas untuk minta rujukan, cukup di poliklinik panti aja yang memberikan rujukan. Sedangkan bagi gepeng, cukup dibuatkan surat jaminan dan pernyataan dari UGD rumah sakit,” jelas Rahimah.

Kadis Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus merasa bersyukur, PMKS yang awalnya dicover Jamkesmas dan Jamkesprop kini ditanggung Jamkesda Samarinda. “Beberapa hari yang lalu, ada salah satu penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri (Panti Jompo) yang sakit, kita tidak perlu mengeluarkan biaya karena ditanggung Jamkesda. Sekarang kita dipermudah, tidak perlu lagi rujuk sana sini, cukup dari poliklinik sudah berlaku,” ucap Rusmalia.

Rusmalia menyebutkan 5 UPTD Panti Sosial (PS) dibawah Dinsos Kaltim yang akan dicover Jamkesda, yaitu PS Tresna Werdha Nirwana Puri, PS Karya Wanita Harapan Mulia, PS Asuhan Anak Harapan Samarinda, PS Perlindungan Anak Dharma, dan PS Bina Remaja Samarinda.

Sumber :
http://disbudparkom.samarindakota.go.id/read/news/2014/163/rss