.

.

Languages :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 22 Februari 2016

Perempuan Merawat Orangtua 12,3 Jam/Bulan, Pria 5,6 Jam/Bulan


Dalam beberapa dekade terakhir, perempuan tak hanya jago dalam urusan domestik rumah tangga. Kini, banyak nama perempuan mencuat dalam posisi penting baik sebagai politisi, pemimpin perusahaan, pengusaha dan banyak sektor lainnya. Kehebatan serta kesibukan perempuan tak mengubah bagaimana perhatian mereka saat merawat orangtua yang mulai lanjut usia.

Hal ini tak sekedar ucapan belaka, namun kesimpulan dari sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Sociological Association di San Francisco beberapa saat lalu.

Dalam analisis data University of Michigan Health and Retirement Study, perempuan bisa jauh lebih lama merawat orang tua. Rata-rata perempuan memberikan waktu untuk merawat orang tua 12,3 jam/bulan, sedangkan pria hanya 5,6 jam/bulan.

"Analisis di atas menunjukkan bahwa anak perempuan mencoba untuk memberikan sebanyak mungkin perawatan yang bisa mereka lakukan, sedangkan anak laki-laki akan merawat orangtua ketika tak ada orang lain dapat melakukannya," tegas penulis studi Angelina Grigoryeva, mahasiswa doktoral University of Princeton seperti dilansir Time.

Namun, hal ini bukan berarti pria egois. Bisa jadi, orangtua lebih memilih anak perempuannya untuk merawat mereka. Perempuan tak hanya sekedar merawat atau melayani, namun menggunakan hati setiap melakukan hal tersebut.

Tentu saja hal ini membuat sebagian orangtua merasa nyaman.